Selasa, 24 Januari 2017

Gejala Jerawat

Bagian tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat adalah wajah. Hal ini dialami oleh sebagian besar orang yang berjerawat. Selain pada wajah, jerawat juga bisa tumbuh pada bagian punggung dan ini dialami lebih dari setengah orang yang berjerawat. Yang terakhir adalah jerawat yang tumbuh pada bagian dada. Diketahui bahwa sekitar 15 persen dari orang-orang yang berjerawat mengalami jerawat di dada.

Selain munculnya bintik-bintik, kulit juga menjadi berminyak saat kita berjerawat, bahkan bisa terasa sakit atau panas apabila disentuh. Ada enam jenis bintik jerawat, di antaranya papula, pustula, komedo hitam, komedo putih, nodul, dan kista. Papula adalah benjolan kecil yang terasa menyakitkan. Ukurannya kecil dengan warna merah dan tekstur lunak. Sedangkan pustula adalah benjolan kecil yang pada ujungnya terdapat penumpukan nanah.

Komedo hitam adalah bintik berwarna hitam yang biasanya muncul di area sekitar hidung. Warna hitam tersebut bukan berasal dari debu atau pun kotoran, melainkan pigmentasi yang terjadi di dalam lapisan pada folikel rambut. Sedangkan komedo putih memiliki tekstur yang lebih keras. Ini disebabkan oleh akumulasi sebum yang mengeras di dalam pori-pori kulit. Jika dilihat sekilas, bintik komedo putih hampir serupa dengan komedo hitam.

Nodul dan kista termasuk kategori jerawat parah. Nodul adalah benjolan besar yang terbentuk di balik permukaan kulit dengan tekstur keras dan terasa menyakitkan. Sama seperti nodul, benjolan kista juga berukuran besar, namun berisi nanah. Sekilas kista tampak seperti bisul. Umumnya jerawat kista dapat meninggalkan bekas luka permanen di wajah setelah sembuh.

Sumber: http://www.alodokter.com/jerawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar